Tujuan
|
Menerapkan Aturan
Makan di Kelas
|
Media
|
Kertas Spotlight,
foto/gambar, pensil warna, Crayon, lem, kertas warna dan lagu
|
Waktu
|
5 hari
|
Langkah-Langkah
|
Hari
Pertama
|
|
|
|
|
Misalnya
:
-
Ketika makan tidak
akan mengeluarkan suara.
|
|
5. Guru
memberi kesempatan untuk anak untuk mengungkapkan pendapatnya.
“Ayo,
siapa lagi yang mempunyai ide, peraturan apa saja yang harus ada ketikaa
makan?”
|
|
6. Anak-anak
mulai mengungkapkan pendapatnya.
Misalnya
:
-
Harus berdo’a sebelum dan sesudah
makan.
-
Berbagi makanan kepada teman.
-
Harus duduk rapih.
|
|
7. Guru
menuliskannya di papan tulis agar guru tidak lupa.
|
|
8. Guru
memberikan respon positif atas pendapat-pendapat anak.
|
|
9. Guru
dan anak-anak menyebutkan kembali peraturan yang telah dibuat.
|
|
10. Guru
memberi penjelasan kepada anak, kalau kegiatannya akan dilanjutkan besok.
|
|
Hari
kedua
1. Guru
mengkondisikan anak agar konsentrasi dan duduk rapih.
|
|
2. Guru
mengingatkan kembali tentang kegiatan apa yang telah dilakukan kemarin.
|
|
3. Guru
menanyakan kepada anak tentang peraturan makan, apakah sudah semua atau
belum? dan menambahkan kembali peraturan yang belum.
|
|
|
4. Anak-anak
kembali mengungkapkan pendapatnya.
Misalnya
:
-
Makan dengan tangan
kanan.
-
Makanan harus
dihabiskan.
-
Mencuci tangan
sebelum dan sesudah makan.
|
5. Guru
kembali menuliskannya di papan tulis.
|
|
6. Guru
menyebutkan semua peraturan makan lalu anak-anak mengikutinya.
|
|
7. Guru
bertanya kepada anak, apakah peraturannya sudah cukup dan setuju dengan
peraturan yang telah dibuat?
|
|
Hari
ketiga
1. Guru
mengkondisikan anak-anak agar duduk rapih dan tertib.
|
|
2. Guru
membawa selembar spotlight yang telah ditulis point-point peraturan makan.
|
|
3. Guru
juga menyiapkan gambar atau foto tentang apa saja aturan makan itu.
|
|
4. Guru
mengajak anak-anak untuk menghias peraturan tersebut agar lebih menarik.
|
|
5. Anak-anak
dibimbing dan dibebaskan untuk berkreasi menghias peraturannya.
|
|
6. anak-anak
menempelkan gambar yang telah disiapkan sesuai dengan tulisan yang ada di
spotlight dan ditempelkan disebelahnya.
|
|
7. Anak-anak
juga menghias bagian pinggirannya sesuai dengan yang mereka inginkan, dengan
tetap didampingi dan dibimbing guru.
|
|
8. Guru
memberi reward terhadap anak dengan memberikan bintang yang ditempel di loker
anak.
|
|
Hari
keempat
1. Guru
mengkondisikan anak-anak agar duduk rapih.
|
|
2. Guru
menempelkan peraturan di dinding kelas.
|
|
3. Guru
memberikan nyanyian agar anak lebih senang dan mengaplikasikan peraturannya.
|
|
4. Guru
mengajarkan anak nyanyian. Dengan cara anak mengikuti guru satu bait, satu
bait.
|
|
|
Hari
kelima
1. Guru
mengkondisikan anak-anak agar tertib.
|
2. Guru
dan anak-anak bernyanyi kembali.
|
|
3. Peraturan
mulai diterapkan dan bernyanyi sebelum makan.
|
hanya sederhana, dan sangat sederhana. hanya sebuah blog dari seseorang yg sedang belajar dan terus belajar... :))
Senin, 22 Oktober 2012
Menerapkan Aturan Makan di TK B
Tugas Kuliah Pengembangan Sosial Emosi, Moral dan Agama
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar