Senin, 22 Oktober 2012

Menerapkan Aturan Makan di TK B

Tugas Kuliah Pengembangan Sosial Emosi, Moral dan Agama

Tujuan
Menerapkan Aturan Makan di Kelas
Media
Kertas Spotlight, foto/gambar, pensil warna, Crayon, lem, kertas warna dan lagu
Waktu
5 hari
Langkah-Langkah
Hari Pertama
  1. 1.    Guru mengkondisikan anak terlebih dahulu.

  1.  2.      Guru menjelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan dalam 5 hari kedepan.

  1. 3.      Guru mengajak anak untuk memulai membuat peraturan makan.

  1. 4.      Guru memberi contoh terlebih dahulu

Misalnya :
-          Ketika makan tidak akan mengeluarkan suara.
5.      Guru memberi kesempatan untuk anak untuk mengungkapkan pendapatnya.
“Ayo, siapa lagi yang mempunyai ide, peraturan apa saja yang harus ada ketikaa makan?”
6.      Anak-anak mulai mengungkapkan pendapatnya.
Misalnya :
-          Harus berdo’a sebelum dan sesudah makan.
-          Berbagi makanan kepada teman.
-          Harus duduk rapih.
  1. -          Makanan tidak boleh berserakan dan mengotori meja.

7.      Guru menuliskannya di papan tulis agar guru tidak lupa.
8.      Guru memberikan respon positif atas pendapat-pendapat anak.
9.      Guru dan anak-anak menyebutkan kembali peraturan yang telah dibuat.
10.  Guru memberi penjelasan kepada anak, kalau kegiatannya akan dilanjutkan besok.
Hari kedua
1.      Guru mengkondisikan anak agar konsentrasi dan duduk rapih.
2.      Guru mengingatkan kembali tentang kegiatan apa yang telah dilakukan kemarin.
3.      Guru menanyakan kepada anak tentang peraturan makan, apakah sudah semua atau belum? dan menambahkan kembali peraturan yang belum.

4.      Anak-anak kembali mengungkapkan pendapatnya.
Misalnya :
-          Makan dengan tangan kanan.
-          Makanan harus dihabiskan.
-          Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
5.      Guru kembali menuliskannya di papan tulis.
6.      Guru menyebutkan semua peraturan makan lalu anak-anak mengikutinya.
7.      Guru bertanya kepada anak, apakah peraturannya sudah cukup dan setuju dengan peraturan yang telah dibuat?
Hari ketiga
1.      Guru mengkondisikan anak-anak agar duduk rapih dan tertib.
2.      Guru membawa selembar spotlight yang telah ditulis point-point peraturan makan.
3.      Guru juga menyiapkan gambar atau foto tentang apa saja aturan makan itu.
4.      Guru mengajak anak-anak untuk menghias peraturan tersebut agar lebih menarik.
5.      Anak-anak dibimbing dan dibebaskan untuk berkreasi menghias peraturannya.
6.      anak-anak menempelkan gambar yang telah disiapkan sesuai dengan tulisan yang ada di spotlight dan ditempelkan disebelahnya.
7.      Anak-anak juga menghias bagian pinggirannya sesuai dengan yang mereka inginkan, dengan tetap didampingi dan dibimbing guru.
8.      Guru memberi reward terhadap anak dengan memberikan bintang yang ditempel di loker anak.
Hari keempat
1.      Guru mengkondisikan anak-anak agar duduk rapih.
2.      Guru menempelkan peraturan di dinding kelas.
3.    Guru memberikan nyanyian agar anak lebih senang dan mengaplikasikan peraturannya.
4.   Guru mengajarkan anak nyanyian. Dengan cara anak mengikuti guru satu bait, satu bait.

Hari kelima
1.      Guru mengkondisikan anak-anak agar tertib.
2.      Guru dan anak-anak bernyanyi kembali.
3.      Peraturan mulai diterapkan dan bernyanyi sebelum makan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar