Senin, 22 Oktober 2012

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Evaluasi merupakan proses pengumpulan data hasil belajar, perkembangan anak, perilaku anak, metode belajar, media belajar, proses belajar, profil guru, untuk menggambarkan dan dianalisis sehingga bisa membuat keputusan lalu disajikan, dianalisis, untuk mengetahui hasil sehingga menghasilkan keputusam ( mengubah, mempertahankan, atau meningkatkan).
Tujuan Evaluasi :
1. Untuk mencapai suatu program
2. Sebagai laporan
3. untuk menilai hasil belajar
4. identifikasi kebutuhan siswa
5. untuk memperbaiki program
6. sebagai tolak ukur keberhasilan siswa
7. mendiagnosis kesulitan.

Fungsi Evaluasi
1. Fungsi Diagnosis : mendiagnosis kesulitas belajar anak
2. Fungsi Penempatan : dalam hal menyebarkan anak
3. Fungsi Selektif
4. Fungsi Bimbingan : mengetahui mana anak yang perlu bimbingan ekstra dan tidak. untuk mencari jalan keluar bagi masalah-masalah siswa.
5. Fungsi Intruksional : berkaitan dengan proses pembelajaran.

Test dan Non Test

Wawancara dan Paper pencil test
untuk alat evaluasi ini diharapkan tidak diterapkan untuk mengevaluasi anak usia dini, hal itu karena anak usia dini masih kurang dalam hal pembendaharaan katanya sehingga mereka terkadang kesulitan mengungkapkan apa yang mereka ingin katakan. selain itu paper pencil test akan menyulitkan anak dalam menulis karena sebagian besar anak masih belum bisa merangkai kata dan motorik halusnya pun belum cukup kuat untuk menulis beberapa kata. ooh yaa 1 hal lagi ketika anak ditanyai suatu pertanyaan maka anak akan menjawab apa yang mereka rasakan SEKARANG mereka tidak bisa mengingat kemarin, seminggu yang lalu,

TEST
Alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek kognitif
VALIDITAS
RELIABELITAS
TERSTANDARISASI
TESTER YANG TERLATIH
LISENSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar